PEMBENTUKAN/PEMBINAAN KELOMPOK KELUARGA SADAR HUKUM (KADARKUM) TAHUN 2023

PEMBENTUKAN/PEMBINAAN KELOMPOK KELUARGA SADAR HUKUM (KADARKUM) TAHUN 2023

18 Jul 2023 14:06 Temu kadarkum 2060 kali 0

Kabupaten Pasuruan – Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pasuruan kembali melaksanakan kegiatan Pembentukan/Pembinaan Kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tahun 2023 pada hari Kamis 13 Juli 2023 yang bertempat di Balai Desa Pleret Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat, dengan peserta yang terdiri dari Kelompok Kadarkum dari Desa Pleret dan Desa Warungdowo Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan.

Acara ini dimulai pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan ini dipandu oleh Analis Hukum Ahli Muda dari Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pasuruan Adhe Wulan. Sedangkan Narasumber yang dihadirkan yaitu :

  1. Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pasuruan dengan Materi Persyaratan Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Kadarkum;
  2. Penyuluh Hukum Ahli Muda pada Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur dengan Materi Pembentukan Desa/Kelurahan Sadar Hukum;
  3. Penyuluh Hukum Ahli Muda pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur yang menampilkan Simulasi Beberan dengan Materi Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.

Dalam sambutannya Bapak Camat Pohjentrek menyampaikan dengan dibentuknya Kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) diharapkan agar mempermudah masyarakat Desa Pleret dan Desa Warungdowo dalam menyelesaikan permasalahan hukum sehingga menjadi masyarakat yang sadar akan hukum. 

Peserta sangatlah antusias dengan kegiatan ini terutama dengan adanya Simulasi Beberan yang mengajak peserta untuk bermain, serta turut memberikan tanggapan atas persoalan yang ada dalam beberan tersebut. Harapan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat menjadi lebih paham dengan aturan hukum yang berlaku dan dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.

0 Komentar untuk "PEMBENTUKAN/PEMBINAAN KELOMPOK KELUARGA SADAR HUKUM (KADARKUM) TAHUN 2023"

Tuliskan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini.

Email anda tidak akan di publikasikan.