Sumpah Pemuda Ke 83 : Pemuda Harus Berahlak Mulia

Senin, 7 November 2011 00:34:03 - oleh : admin
Sumpah Pemuda Ke 83 : Pemuda Harus Berahlak Mulia

Pasuruan - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 83 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2011 dengan tema “ Bangun Pemuda Yang Berjiwa Wirausaha, Berdaya Saing, Dan Peduli Sesama, diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan pelaksanaan upacara bendera. Hadir dalam pelaksanaan pagi tadi seluruh pejabat pimpinan daerah, Kepala SKPD beserta karyawan-karyawati  Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Dalam sambutan Menpora Andy A Malarangeng yang dibacakan Bupati Pasuruan selaku pemimpin Upacara pagi tadi, Indonesia yang berdaya saing dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh serta mengedepankan akhlak mulia di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Karakter yang kokoh ini bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, berwawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan, serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tantangan baru ke depan untuk bangsa ini khususnya untuk pemuda Indonesia harus kita antisipasi. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini merupakan bagian dari antisipasi kita tentang peran kaum muda ke depan untuk membawa bangsa ini semakin jaya di masa mendatang. Kita perlu mempersiapkan orang muda untuk bisa berdaya saing dalam menghadapi globalisasi yang terus berjalan.

Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan para pemuda Indonesia di segala bidang, di setiap pelosok indonesia, untuk bisa bersaing dan memenangkan persaingan tanpa kehilangan akar budayanya.. Untuk itu, pemuda Indonesia modern harus menguasai 3 bahasa, yang pertama bahasa persatuan/bahasa nasional Bahasa Indonesia, satu bahasa internasional, dan paling tidak satu bahasa daerah.

Upacara juga dimeriahkan barisan pemuda-pemudi yang mengenakan baju adat dari seluruh pelosok Tanah Air, saat pembacaan Kongres Pemuda.

Diketahui, selesai pelaksanaan upacara Bupati Pasuruan Dade Angga menyerahkan penghargaan kepada dua pemuda yakni Djoko Puguharjo dan Hari Kosasi yang berprestasi dalam kontes Festival Film Amatir Independen Asia Pasific di Bangladesh. keduanya berhasil menyabet 10 Medali emas, 15 perak dan 5 perunggu serta menduduki rangking 10 dari 22 negara di Asia. (tin)

Informasi "Berita SKPD" Lainnya